Minggu, 07 April 2013

Tips Membeli kartu GSM Yang Cocok

Di era teknologi seperti saat ini, memiliki produk-produk teknologi informasi, seperti digital camera dan komputer atau laptop adalah semacam hal yang wajar (bahkan, itu adalah sebuah kewajiban). Salah satu produk teknologi yang wajib dimiliki oleh setiap manusia modern adalah telepon seluler, yang biasa disebut dengan telepon genggam.

Memang, untuk beberapa alasan, memiliki telepon genggam beserta Kartu operator seluler tertentu di dalamnya, sangatlah penting. Jenis kartu seluler saat ini yang ada hanya terdapat dua jenis yaitu kartu GSM dan juga kartu CDMA.

                                                       

Kemudahan Dalam Pemilikan Telepon genggam


Handphone atau telepon genggam memang saat ini telah menjadi sebuah hsil teknologi yang begitu banyak dimiliki oleh setiap orang. Dapat dikatakan bahwa semua orang telah memilikinya. Sangat jarang orang yang tak memiliki telepon genggam ini.

Keberadaan telepon genggam yang begitu banyak di tangan seluruh masyarakat kita karena memang telepon genggam ini memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Pertama, telepon genggam menghubungkan satu orang dengan orang yang lainnya, sehingga terjalin komunikasi dan silaturahmi, bahkan dengan orang yang belum pernah ditemui selama beberapa puluh tahun lamanya.

Selain itu, hanya melalui telepon genggam seseorang dapat memberikan rincian sesuatu (lokasi atau benda) pada orang yang jaraknya beberapa puluh kilometer dari dirinya.

Beberapa orang juga menemukan keluarga atau teman yang telah lama putus kontak, dan menyambung tali silaturahmi melalui telepon genggam dan kartu SIM di dalamnya. Pada intinya, segala jenis komunikasi yang dilakukan melalui telepon genggam mendekatkan antara manusia satu dengan manusia yang lainnya.

Dan dengan begitu, jarak menjadi tidak berarti lagi. Maka dari itulah, memiliki telepon genggam, yang di dalamnya terdapat kartu dengan jenis GSM atau CDMA sangatlah penting. Namun, ada juga beberapa orang yang belum memiliki telepon genggam, dan berencana akan membeli telepon genggam, beserta kartunya dalam waktu dekat.

Kartu GSM


Sejatinya, dalam dunia telepon genggam saat ini ada dua jenis telepon genggam yang ada. Yaitu telepon genggam untuk kartu jenis GSM dan telepon genggam untuk kartu jenis CDMA. Keduanya memang berbeda dan tak dapat digunakan secara berbeda pula.

Maksudnya adalah telepon genggam GSM hanya dapat digunakan untuk kartu dengan jenis GSM saja. Sedangkan untuk telepon genggam CDMA pun hanya dapat digunakan untuk kartu dengan jenis CDMA pula.

Halini dapat terjadi karena memang terdapat perbedaan dalam sistem pengoperasian telepon genggam yang ada. Walaupun pada saat ini juga telah dikembangkan telepon genggam dengan menggunakan dua kartu jenis GSM yang berbeda atau pun dua kartu dengan jenis GSM dan juga CDMA.

Untuk saat ini, operator seluler yang menyediakan jenis GSM memang masih paling banyak ditemukan. Sebut saja Indosat seperti IM3 dan Mentari, Telkomsel seperti Simpati, AS dan Kartu Halo, XL, Tree, dan juga Axis. Sedangkan operator seluler yang menggunakan CDMA adalah esia, telkom flekxi, smartfren, dan juga star one.

Pada awalnya kartu jenis GSMlah yang banyak digunakan oleh kebanyakan pengguna telepon genggam. Kemudian seiring berjalannya waktu maka pengguna telepon genggam juga mulai menggunakan kartu jenis CDMA di mana memang pada sat itu telah banyak dimunculkan kartu jenis CDMA ini.

Kartu jenis GSM atau yang merupakan singkatan dari Global System for Mobile Communications adalah teknolgi dalam pengiriman data yang didasarkan pada perhitungan waktu. Yang kemudian lebih dikenal dengan menggunakan istilah timeslot.

Sedangkan untuk kartu dengan jenis CDMA yang merupakan singkatan dari Code Division Multiple Access adalah teknologi juga untuk pengiriman data yang tak lagi menggunakan perhitungan waktu seperti halnya GSM namun memakai sistem kode atau coding.

Sejatinya tak banyak yang memiliki pemahaman yang benar dan menyeluruh akan perbedaan dari kartu jenis GSM dan CMDA ini. yang menjadi perhatian utama dari pengguna telepon genggam dalam memilih jenis kartu yang akan digunakan adalah kemudahan dan kelancaran yang diberikan dari kartu yang telah dipilih tersebut.

Memang akan terdapat perbedaan antara gsm dan juga cdma. Akan ada kelebihan gsm terhadap cdma dan juga sebaliknya. Namun tetap saja hal tersebutlah yang akan menjadi pertimbangan bagi seseorang untuk memilih kartu mana yang akan digunakan.

Kebanyakan orang atau pengguna telepon genggam akan lebih suka untuk menggunakan kartu yang akan memberikan kemudahan. Misalnya kemudahan dalam penangkapan sinyal di mana hal ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan komunikasi. Misalnya untuk bertelepon atau untuk mengirimkan pesan singkat.

Tips Membeli Kartu GSM Yang Cocok


Faktanya adalah membeli telepon genggam itu mudah, namun membeli Kartu dengan jenis GSM, yang menjadi nyawa sebuah telepon genggam mungkin cukup sulit, terutama bagi mereka yang tidak membeli Kartu dengan jenis GSM sebelumnya.

Dalam membeli Kartu dengan jenis GSM, ada beberapa hal yang sebenarmya harus diperhatikan calon pembeli. Dan hal-hal tersebut akan kita bicarakan dalam tips dan trik memilih Kartu dengan jenis GSM yang cocok untuk orang tertentu. Karena di luar sana banyak Kartu dengan jenis GSM, dengan fitur yang berbeda; hal ini untuk memenuhi selera yang berbeda dari orang yang berbeda.

Perbedaan yang harus diperhatikan oleh calon pembeli adalah perbedaan harga, yang ditawarkan oleh operator atau penyedia kartu. Pada umumnya, hampir semua operator Kartu dengan jenis GSM menjanjikan tariff murah untuk setiap telepon atau pesan singkat yang dikirimkan.

Beberapa operator atau penyedia kartu juga menyediakan diskon, hingga mencapai 100%, untuk telepon atau pesan yang dikirimkan pada jam-jam tertentu.

Maka dari itu, disarankan agar calon pembeli dan pengguna kartu operator mengetahui detil persyaratan dan kondisi yang diberlakukan oleh penyedia Kartu dengan jenis GSM tersebut. Biasanya, apabila pengguna sudah mencapai penggunaan tariff hingga taraf tertentu, diskon atau paket gratis baru bisa diaktifkan.

Seorang calon pembeli yang suka melakukan panggilan lewat telepon genggam, atau banyak mengirim pesan singkat, Kartu dengan jenis GSM semacam ini sangat direkomendasikan. Tapi bagi mereka yang jarang melakukan panggilan, tarif yang dikenakan operator Kartu dengan jenis GSM tersebut sangat merugikan.

Sebelum membeli Kartu dengan jenis GSM, memilih operator yang telah lama ada di dunia telekomunikasi seluler. Hal ini karena provider telepon selular yang telah berpengalaman terus menerus memperbaiki diri dari keluhan  konsumen sebelum-sebelumnya, sehingga mereka tahu benar apa yang para konsumen Kartu dengan jenis GSM butuhkan.

Membeli Kartu dengan jenis GSM dari provider memang cukup menguntungkan juga, apalagi yang menawarkan tariff murah; namun biasanya, pada periode tertentu, tariff yang dikenakan pada pengguna akan terus naik, dan menjadi lebih mahal.

Memiliki telepon genggam, dengan nomor Kartu dengan jenis GSM tertentu bisa jadi membahayakan, terutama bagi mereka yang terjun ke dunia politik dan entertain dimana nama mereka dikenal semua orang.

Maka, satu tips aman bagi mereka yang namanya dikenal masyarakat adalah meminta pelayanan khusus, agar nomornya tidak dihubungi oleh nomor tidak dikenal. Dan pelayanan seperti ini biasanya hanya disediakan oleh penyedia Kartu dengan jenis GSM yang berpengalaman.

Beberapa orang membuat kesalahan dengan membeli kartu prabayar berkali-kali dengan asumsi bahwa biaya yang dikenakan pasti akan lebih murah. Apabila Anda adalah remaja yang memiliki banyak ‘gebetan’, mungkin cara ini efektif dan benar. Tapi bagi Anda yang telah terjun ke dunia professional yang cepat, mengganti kartu jenis GSM berkali kali akan sangat membuang waktu dan tenaga Anda.

Untuk itu memang harus dilakukan tindakan dengan pertimbangan matang untuk memilih kartu jenis GSM yang akan digunakan. Memang kebanyakan akan disesuaikan dengan kebutuhan dari si pemakai. Misalnya karena semua anggota keluarganya memakai satu jenis kartu tertentu maka membuatnya untuk memilih satu jenis kartu tertentu itu.

Selain dari faktor di atas, faktor harga dari kartu itu sendiri sangatlah memberikan petimbangan tersendiri bagi siapapun yang akan membeli kartu untuk telepon genggamnya. Mahal tidaknya dalam membeli kartu jelas akan memberikan pertimbangakn tersendiri.

Dan juga dalam hal tarif juga akan diperhatikan. Karena setiap operator seluler akan memliki kebijakan tersendiri untuk menentukan tarif yang diberikan kepada konsumennya. Dan persoalan tarif ini akan memberikan pertimbangan tersendiri untuk membeli kartu GSM yang akan dipilih.

Sumber : anneahira